Minggu, 07 Maret 2010

Protocol di Internet

Berikan contoh dalam penggunaan protocol di internet berikan pula perintahnya dan terangkan dari perintah tersebut.

Jawab :
  1. TCP / IP
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.

  1. MIME
Multipurpose Internet Mail Extension (disingkat menjadi MIME atau mime), merujuk kepada protokol yang luas digunakan di dalam dunia Internet yang memperluas protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)(RFC 822) untuk mengizinkan beberapa data selain teks dengan pengodean ASCII, seperti videosuara, dan berkas biner, agar dapat ditransfer melalui e-mail tanpa harus mentranslasikan terlebih dahulu data-data tersebut ke dalam teks berformat ASCII. MIME merupakan bagian dari protokol HTTP, dan web browser dan server HTTP akan menggunakan MIME untuk menginterpretasikan berkas-berkas e-mail yang dikirimkan dan diterima.


  1. SMTP
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.
Perintahnya :
Penjelasan dari perintah di atas


  1. HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.


  1. HTML
HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa markup utama untuk halaman web. HTML yang ditulis dalam bentuk tag''''yang dikelilingi oleh sudut kurung. HTML dapat juga menjelaskan, untuk beberapa derajat, tampilan dan semantik dari sebuah dokumen, dan dapat termasuk tertanam kode bahasa scripting (seperti JavaScript) yang dapat mempengaruhi perilaku lain


  1. XHTML
eXtensible HyperText Markup Language, atau XHTML, adalah bahasa markup penerus dan pengembangan dari HTML yang memiliki kemampuan yang kurang lebih mirip HTML, tapi dengan aturan sintaks yang lebih ketat. HTML merupakan aplikasi dari SGML (Standard Generalized Markup Language) yang sangat fleksibel, sedangkan XHTML adalah aplikasi dari XML, turunan SGML yang lebih terbatas.


  1. MathML
Markup Language (MathML) adalah sebuah aplikasi dari XML untuk mendeskripsikan matematika notasi dan menangkap kedua struktur dan isi. Ini bertujuan mengintegrasikan rumus matematika ke World Wide Web dokumen. Ini merupakan rekomendasi dari W3C matematika kelompok kerja.


  1. XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.

Sumber : Wikipedia Indonesia

0 comments:

Posting Komentar