Selasa, 20 Oktober 2009

IPTables


IPTables merupakan sebuah fasilitas tambahan yang tersedia pada setiap perangkat komputer yang diinstali dengan sistem operasi Linux dan resmi diluncurkan untuk massal pada LINUX 2.4 kernel pada January 2001 (www.netfilter.org). Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu fitur ini pada saat melakukan kompilasi kernel untuk dapat menggunakannya. IPTables merupakan fasilitas tambahan yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan perangkat komputer anda dalam jaringan. Atau dengan kata lain, IPTables merupakan sebuah firewall atau program IP filter build-in yang disediakan oleh kernel Linux untuk tetap menjaga agar perangkat anda aman dalam berkomunikasi.
Mengapa Linux bersusah payah menyediakan fasilitas ini untuk Anda? Karena dari dulu Linux memang terkenal sebagai operating system yang unggul dalam segi keamanannya. Mulai dari kernel Linux versi 2.0, Linux sudah memberikan fasilitas penjaga keamanan berupa fasilitas bernama ipfwdm. Kemudian pada kernal 2.2, fasilitas bernama ipchain diimplementasikan di dalamnya dan menawarkan perkembangan yang sangat signifikan dalam menjaga keamanan.
Sejak kernel Linux memasuki versi 2.4, sistem firewall yang baru diterapkan di dalamnya. Semua jenis firewall open source yang ada seperti ipfwadm dan ipchains dapat berjalan di atasnya. Tidak ketinggalan juga, IPTables yang jauh lebih baru dan canggih dibandingkan keduanya juga bisa berjalan di atasnya. Maka itu, IPTables sangatlah perlu untuk dipelajari untuk Anda yang sedang mempelajari operating system Linux atau bahkan yang sudah menggunakannya. Karena jika menguasai IPTables, mengamankan jaringan Anda atau jaringan pribadi orang lain menjadi lebih hebat.
Fitur yang dimiliki IPTables:
1. Connection Tracking Capability yaitu kemampuan unutk inspeksi paket serta bekerja dengan icmp dan udp sebagaimana koneksi TCP.
2. Menyederhanakan perilaku paket-paket dalam melakukan negosiasi built in chain (input,output, dan forward).
3. Rate-Limited connection dan logging capability. Kita dapat membatasi usaha-usaha koneksi sebagai tindakan preventif serangan Syn flooding denial of services(DOS).
4. Kemampuan untuk memfilter flag-flag dan opsi tcp dan address-address MAC.


Sumber : univ sriwijaya

0 comments:

Posting Komentar