Senin, 19 Oktober 2009

BAHASA TINGKAT RENDAH


Assembler adalah sebuah program komputer untuk menterjemahkan Bahasa Assembly --intinya, sebuah representasi menmonic dari bahasa mesin — menjadi kode objek. Sebuah assembler silang (lihat kompilator silang) memproduksi kode untuk satu jenis prosesor, tetapi dapat dijalankan di prosesor lain.


Selain menterjemahkan instruksi assembly mnemonic menjadi opcode, assembler juga menyediakan kemampuan untuk menggunakan nama simbolik untuk lokasi memori (menghindari penghitungan rumit dan pembaruan alamat secara manual ketika sebuah program diubah sedikit), dan fasilitas makro untuk melakukan penggantian textual — biasanya digunakan untuk menggantikan suatu urutan instruksi yang pendek untuk dijalankan perbaris dan bukan dalam sebuah subrutin.


Assembler jauh lebih mudah ditulis daripada kompilator untuk bahasa tingkat-tinggi, dan telah tersedia sejak 1950-an. Assembler modern, terutama untuk arsitektur berdasarkan RISC, seperti arsitektur MIPS, Sun SPARC, dan HP PA-RISC, mengoptimalkan penjadwalan instruksi untuk menggunakan pipeline CPU secara efisien.



Bahasa yang berorientasi mesin, dimana tiap instruksi sama atau menyerupai instruksi mesin.


Fasilitas umum bahasa tingkat rendah:

1. Kode MNEMONICS digunakan seagai pengganti kode mesin

2. Alamat simbolis sering kali digunakan sebagai pengganti alamat mesin sebenarnya


Bahasa tingkat rendah harus diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum digunakan, sebab walau programmer lebih mudah bekerja dengannya namun ia tidak dapat digunakan oleh mesin dalam bentuk simbolis/mnemonics








Bahasa assembly
a.Tiap pabrikan computer biasanya membuat bahasa tingkat rendah yang mendekati kesesuiannya dengan bahasa mesintertentu yang digunakan pabrikan tersebut, bahasa ini disebut bahasa assembly. Pabrik anter sebut memberikan suatu program yang disebut assembler atau assembler program. Assembler yang menterjemahkan assembly language assembly kedalam machine code.
b.Program yang ditulis dalam assembly language disebut source program source program, program yang telah diterjemahkan dalam machine code disebut object program object program.
Bahasa psoudo psoudo-assembly
Bahasa assembly yang tergantung mesin yang dibuat untuk tujuan pendidikan



Sumber : Wikipedia Bahasa Indonesia

0 comments:

Posting Komentar